3 March 2024

Pada Jumat (11/11/2022) dan Sabtu (12/11/2022) SMA Negeri 2 Purworejo menyelenggarakan kegiatan Kepramukaan Blok yang diikuti oleh peserta didik kelas XI dan XII. Kegiatan yang mengangkat tema Teknologi Tepat Guna tersebut berlangsung secara tertib di lingkungan sekolah dengan serangkaian kegiatan yang berakhir pada pukul 15.45 untuk hari pertama dan 11.30 untuk hari kedua.
Pada hari pertama yakni Jumat (11/10/2022), kegiatan resmi dibuka oleh Dra.Fitarini, M.Si., selaku Kepala SMA Negeri 2 Purworejo pada Upacara Pembukaan di pagi hari.

“Dengan belajar dan berlatih untuk menciptakan teknologi cepat guna, saya harap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua serta dapat menumbuhkan kreatifitas anak-anak dalam mengembangkan skill, karena Pramuka merupakan wadah yang tepat untuk pengembangan diri.” ucap Dra.Fitarini, M.Si., dalam sambutannya.

Setelah mendapatkan semangat dan arahan yang diberikan oleh beliau, peserta didik bergerak gesit dan aktif untuk mengikuti kegiatan selanjutnya di aula Graha Wiyata Krida. Mereka menyimak sosialisasi dan pemberian materi Kemah Blok yang disampaikan oleh pembina Pramuka. Terima kasih kepada Bapak Sutarman dari Koramil Kutoarjo telah berkenan memberikan wawasan Saka Wira Kartika kepada peserta didik. Terima kasih kepada Deny Hendra Wijaya, S.Pd.Jas., selaku narasumber kedua yang telah memberikan ilmu terkait teknologi cepat guna pada hari Sabtu (12/11/2022).

Selama dua hari, peserta didik kelas XI dan XII secara berkelompok membuat karya yangmana dalam proses pembuatannya terdapat video yang menunjukkan serangkaian langkah yang dilakukan untuk menghasilkan teknologi cepat guna yang relevan. Selain itu, mereka juga mempresentasikan hasil karyanya untuk mendapatkan evaluasi dan refleksi tindak lanjut dari karya yang sudah dibuat. Adapun karya tersebut meliputi alat penjernih air, kompor darurat, vacum cleaner, alat pengukur kesuburan tanah, tempat sampah pintar, alat pengharum ruangan, dll. Secara garis besar, mereka memanfaatkan bahan bekas untuk menghasilkan karyanya sebagai wujud dari kreatifitas.

#sman2purworejo#smandajaya#smandaberprestasi#smandajuara