23 September 2022

Purworejo, 22/06/2022. Anisa Mufti Hapsari, perwakilan peserta “Lomba Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan” dari SMA Negeri 2 Purworejo, berhasil meraih JUARA 2 Tingkat Kabupaten Purworejo. Pencapaian prestasi tersebut tak luput dari kerja keras dan dukungan Dra.Fitarini M.Si., selaku Kepala Sekolah serta peran Guru Pendamping yang membersamai Anisa mengukir prestasi mengharumkan nama besar SMA N 2 Purworejo di lingkup Kabupaten Purworejo.

Perlombaan yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan Kab.Purworejo ini, diikuti Anisa selama dua hari yakni pada tanggal 21-22 Juni 2022 di STIE Rajawali Purworejo. Runtutan acara dilampaui dengan penuh semangat mulai dari pengumpulan video karya seni, uji materi dari narasumber, pengumpulan dan presentasi makalah yang mengusung tema “Indonesia Future Transport.”, hingga penghujung acara yang ditutup dengan pengumuman dan penyerahan piala kepada para pemenang.

Terdapat beberapa narasumber yang diundang untuk menyampaikan materi dalam acara tersebut. Pemaparan yang pertama disampaikan oleh Drs. Hery Raharjo, M.Si., dari Dinas Perhubungan Kab. Purworejo. Dilanjutkan dengan pemaparan materi yang kedua terkait Tata Cara dan Etika Berlalu lintas dan Pencegahan Covid-19 oleh IPDA Gatot Hermawan, SE., dari Satlantas Polres Purworejo. Selanjutnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Purworejo yang diwakili oleh Bapak Teguh Widodo, S.Pd, MM., memberikan pemaparan yang terakhir tentang Penulisan Karya Tulis.

Penjurian dilakukan berdasarkan penilaian video karya seni dan makalah yang dipresentasikan peserta. Anisa Mufti Hapsari (XI MIPA 3), sukses membawakan makalah nya dengan judul “Penanganan Travel Gelap sebagai Angkutan Umum”. Dalam makalahnya, Anisa menyampaikan bahwa travel gelap banyak diminati masyarakat karena biaya yang relatif murah. Namun, risiko yang ditimbulkan jauh lebih tinggi diantaranya kurang terjaminnya keselamatan karena kondisi kendaraan yang kurang prima serta risiko pelayanan yang kurang bertanggung jawab. Beberapa solusi diusulkan oleh Anisa terkait dengan problema tersebut. Salah satunya yaitu memperingan sejumlah persyaratan dalam pemberian izin usaha angkutan sehingga pengusaha angkutan umum lebih mudah dalam meresmikan usaha angkutan umum miliknya.

“Saya merasa senang karena mendapat pengalaman dan ilmu baru. Saya menjadi paham tentang aturan marka jalan dan rambu lalu lintas, saya juga jadi paham tentang cara menyusun karya ilmiah yang baik. Point plus-nya saya mendapatkan lebih banyak teman.” ujar Anisa (23/06/2022).

Terima kasih kepada Dinas Perhubungan Kab.Purworejo dan semua pihak yang turut serta mendukung perlombaan tersebut. Selamat kepada Anisa Mufti Hapsari, senyum bangga akan senantiasa menyertai langkah berikutmu dalam mengukir prestasi terbaik.