Humas

        SOSIALISASI SEBAGAI SALAH SATU BENTUK KEGIATAN HUMAS SEKOLAH

Disamping membutuhkan sebuah citra yang akan menggambarkan reputasi ataupun prestasi yang akan diakui oleh mesyarakat, sebuah sekolah juga membutuhkan hubungan dengan masyarakat di luar dirinya sebagai mitra kerjasama dalam upaya pengembangan diri.

Demikian pula SMA Negeri 2 Purworejo, dari waktu ke waktu selalu membutuhkan informasi dan kerjasama dengan pihak  luar untuk menambah dan menyempurnakan bekal yang akan diberikan kepada siswa dan siswinya.

Sebagai contoh, dalam upaya menambah kesempurnaan bekal pengetahuan para siswa tentang perguruan tinggi, sebagai tindak lanjut para siswa melanjutkan pendidikan, SMA Negeri 2 Purworejo selalu berusaha menjalin kerjasama dengan banyak perguruan tinggi.

Untuk tahun tahun yang lalu, bentuk kerjasama itu bisa berupa sosialisasi tentang berbagai jenis perguruan tinggi dan juga tata cara masuknya yang dilangsungkan secara tatap muka antara siswa dan mahasiswa dari banyak perguruan tinggi di dalam ruang kelas. Acara sosialisasi berlangsung efektif karena ada komunikasi secara langsung antara nara sumber dan audien. Acara berlangsung semakin baik, semakin efektif berkat evaluasi yang selalu kita laksanakan tiap acara sosialisasi berakhir.

Namun demikian, bagaimana dengan kegiatan sosialisasi dalam masa pandemi Covid 19 seperti saat ini ?  Pada awalnya, kami sempat ragu juga untuk melaksanakan acara tersebut, mengingat bahwa dalam kegiatan tersebut harus ada penyampaian informasi baik verbal mapupun tulis,  harus ada kesempatan tanya jawab dan harus ada komunikasi yang berlangsung setelah acara usai sebagai tindak lanjut program termaksud. Setelah kami adakan diskusi dengan beberapa adik  adik mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi, jadilah satu kesepakatan bahwa acara sosialisasi tentang perguruan tinggi bisa dilaksanakan dengan cara mempergunakan aplikasi zoom meeting berbasis internet yang dilangsungkan pada malam hari. Mengapa harus dilangsungkan pada malam hari. Hal ini menjadi pilihan kami, mengingat bahwa para siswa sudah seharian capek melaksanakan acara belajar mengajar secara daring. Diharapkan, setelah usai sholat Maghrib, para siswa sudah beristirahat, sudah mandi, melaksanakan ibadah dan badan sudah segar kembali.

Uji coba pun dilaksanakan. Beberapa kendala yang kita temukan, kita upayakan untuk disempurnakan. Dan alhamdulillah hingga akhir bulan ketiga semester ke dua, SMA Negeri 2 Purworejo telah berhasil menggandeng 15 perguruan tinggi  negeri maupun swasta untuk melaksanakan program sosialisai perguruan tinggi. Simbiose mutualisma, itulah istilah yang tepat untuk  ini. Disatu sisi, perguruan tinggi terpenuhi kebutuhannya untuk mempromosikan lembaganya dan disatu sisi yang lain para siswa lulusan sekolah kami terpenuhi kebutuhan informasinya tentang banyak perguruan tinggi.